Ketua Career Development Center (CDC) Universitas Bung Hatta
Ketua Career Development Center (CDC) Universitas Bung Hatta

Career Development Center (CDC) Universitas Bung Hatta lahir sebagai jawaban terhadap tantangan akan derasnya persaingan dunia kerja khususnya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Universitas Bung Hatta sebagai institusi yang setiap tahunnya menghasilkan lulusan harus mempunyai tanggungjawab moral untuk menjamin lulusannya siap pakai dan memiliki bekal kompetensi baik hardskill dan softskill dalam menghadapi persaingan bursa kerja.


Disamping itu, keberhasilan para lulusan menempati perkerjaan sesuai dengan keahlian dan kompetensi yang dimiliki tentunya akan berdampak kepada peningkatan pengalaman kerja. Kompetensi yang terus diasah ini akan berbuah kepada pengembangan karir mandiri baik menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain maupun dirinya sendiri.


Career Development Center (CDC) Universitas Bung Hatta berkomitmen kuat dalam mempersipkan lulusan yang berkualitas melalui rangkaian kegiatan yang terus di upgrade baik hardskill dan softskill. Komitmen ini juga sebagai tantangan dalam menjawab permasalahan rendahnya daya saing lulusan di dunia kerja. Hal ini ditandai oleh waktu tunggu mendapatkan pekerjaan pertama lama dan gaji pertama lulusan rendah. Rendahnya daya saing lulusan diduga disebabkan oleh rendahnya kemampuan softskill lulusan, diantaranya kemampuan komunikasi, daya analisis, daya juang, dan lainnya.


Kemampuan komunikasi salah satu bagian softskill yang secara sederhana bisa diupgrade dan dikembangkan dalam rangka menjawab kebutuhan komunikasi dunia kerja. Pada Career Development Center (CDC) Universitas Bung Hatta pelatihan dan kegiatan softskill menjadi perhatian penting dalam program CDC. Melalui Career Development Center (CDC) Universitas Bung Hatta secara bersama mari kita upayakan menekan angka pengangguran terdidik yang setiap tahunnya meningkat tidak terkecuali dari tamatan Perguruan Tinggi.